Ingin Tahu !!! Cara memposting Siskeudes 2019

ingin-tahu-cara-memposting-siskeudes-2019

Bagaimana Cara memposting Aplikasi Siskeudes 2019?

Sebelum membahas Cara memposting aplikasi siskeudes 2019, mari pahami dulu apa fungsi posting dalam aplikasi siskeudes 2019.

Posting adalah kegiatan untuk mempublish apa yang sudah kita input di dalam aplikasi siskeudes diantaranya perencanaan dan penganggaran.dan sebelum melangkah lebih jauh ke dalam aplikasi siskeudes diharapkan operator/kaur keuangan wajib melakukan posting aplikasi siskeudes 2019 dahulu.
kenapa demikian? 

dikarenakan aplikasi siskeudes 2019 membutuhkan perintah untuk melanjutkan kegiatan selanjutnya diantaranya penatausahaan.

Pengerjaan Perencanaan Dalam Apalikasi Siskeudes 2019 diantaranya sebagai berikut :

  1. Isi terlebih dahulu Data Umum dan RPJM Desa
  2. Data Umum terdiri dari : isian data umum desa dan data pelaksana kegiatan
  3. RPJM Desa terdiri dari : Visi Misi Desa dan RPJM Desa itu sendiri selama 6 tahun.
  4. RPJM Desa terdiri dari 5 Bidang diantaranya adalah bidang penyelenggaraan pemerintah desa, bidang pelaksanaan pembangunan, bidang pembinaan dan pemberdayaan masyarakat serta bidang penanggulangan bencana, drurat dan mendesak pemerintah desa.
  5. Dari 5 bidang tersebut masih terdapat sub bidang, kegiatan perbidang dan dana indikatif per kegiatan.
  6. Selesaikan semua isian perencanaan selanjutnya melangkah ke penganggaran desa.
  7. Apabila akan mencetak DPA Rencana Kegiatan dan Anggaran silahkan isi semua dana indikatif dari TAHUN 1 sampai dengan TAHUN 6
  8. Apabila ada permasalahan dalam isian silahkan tanyakan ke bagian admin kecamatan dan admin kabupaten.
Setelah semua pengerjaan perencanaan selesai semua dn mohon diteliti kembali semua isian dikarenakan hampir pasti ada yang terlewat dalam isian dana indikati. Dalam aplikasisiskeudes kurang pengisian tidak akan lancar kedepannya.

Pengerjaan Penganggaran Dalam Apalikasi Siskeudes 2019 diantaranya sebagai berikut :

Setelah Perencanaan langkah selanjutnya adalah penganggaran. Dalam penganggaran aplikasi siskeudes 2019 terdapat beberapa kegiatan diantaranya : 
  1. Isian data anggaran terdapat kegiatan terdiri dari 5 bidang, pendapatan desa, belanja desa, pembiayaan 1 digunakan untuk penyertaan modal, pembiayaan 2 digunakan untuk isian silpa tahun sebelumnya.
  2. Anggaran kas desa, terdapat rencana anggaran kas desa dimana setiap bulan atau triwulan atau per semester dilakukan perencanaan pencairan kas desa baik baik itu pencairan maupun penggunaan sehingga dalam penganggaran akan terkontrol dengan baik bagaimana perencanaan dan penganggaran kas desa.
  3. Peraturan APBDes terdapat Perdes, Perkades, dan Pertanggungjawaban APBDes.
  4. Posting anggaran, Nah pada posting anggaran ini yang akan kita bahas lebih detail.
  5. Anggaran lanjutan terdapat anggaran lanjutan kegiatan dalam 5bidang yang belum terselsaikan diambil dari dana sisa / silpa tahun sebelumnya sesuai dengan sumber dana.
  6. Ekspor data anggaran, terdapat keluaran data dari penganggaran
  7. Import data terdapat inputan data penganggaran yang sudah diinput sebelumnya kemudian kalau ingin diimportkan ke siskeudes 2019 tinggal menggunakan perintah tersebut serta 
  8. Import RAB Partial melakukan masukan data RAB terpisah dari inputan data sebelumnya.

Posting Anggaran

Melakukan kegiatan posting anggaran tentunya adalahtugas dari admin kecamatan kemudian diteruskan ke admin kabupaten bahwasanya salah satu dari desa telah melakukan posting anggaran.
Posting anggaran berfungsi untuk mengunci penganggaran serta perencanaan dari aplikasi siskeudes 2019.

Lalu bagaimana caranya?

Untuk melakukan posting anggaran harus melalui admin kecamatan dimana menu user serta menu password yang tahu hanyalah admin kecamatan melalui admin kabupaten.

Perlu diketahui, yang bisa mengakses aplikasi siskeudes bukan hanya admin desa, admin kecamatan maupun admin kabupaten melainkan dari pihak terkait juga diberi akses diantaranya pihak inspektorat, pihak BPKP atau BPK serta pihak terkait lainnya yang terkait dengan anggaran desa baik dari pusat maupun dari
daerah.

Jadi, untuk posting anggaran atau yang sekedar ingin tahu password serta username dalam melakukan posting anggaran jangan berharap bisa mengetahui kecuali di bukakan akses oleh piak kecamatan.

Dalam sistem aplikasi Siskeudes 2019, terdapat history pengguanaan aplikasi kapan jam berapa input apa saja di history tersebut dapat diketahui oleh yang berhak mengetahui yang berfungsi untuk mengontrol akses admin desa mana saja yang mereka lakukan.

Demikian, cara memposting siskeudes 2019, semoga bermanfaat.

SEKIAN dan TERIMA KASIH ^_^

0 Response to "Ingin Tahu !!! Cara memposting Siskeudes 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel