[UPDATE] Alokasi Waktu Penggunaan SPP Definitif dan SPP Panjar

[UPDATE] Alokasi Waktu Penggunaan SPP Definitif dan SPP Panjar

Penjelasan tentang penatausahaan sudah dbagikan, kemudian untuk memperjelas penatausahaan dalam penggunaan SPP maka lebih spesifik lagi kapan alokasi waktu penggunaan terjadinya SPP Panjar maupun SPP Definitif?

Alokasi waktu sangatlah penting untuk menentukan SPP Panjar maupun SPP Definitif.

Menurut admin, alokasi waktu adalah batas terjadinya pembelian barang, pembayaran barang dan penyampaian nota/kuitansi/faktur kepada pihak pemerintah desa khususnya bendahara desa.
selanjutnya bendahara desa membuat laporan tersebut ke dalam aplikasi sistem keuangan desa disebut juga dengan SISKEUDES.

Dalam pengaplikasian siskeudes, bendahara desa juga harus memahami acuan waktu terjadinya spp panjar maupun spp definitif.

SPP atau sering disebut dengan Surat Perintah Pembayaran, sedangkan SPP Panjar acuan waktunya adalah Pembuatan SPP Panjar awal sampai dengan penyampaian kuitansi dan SPJ Panjar serta pelaporan SIsa Panjar dilakukan selama 7 hari setelah pembuatan SPP Panjar.
Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan tabel acuan waktu SPP Panjar.

01-Apr
02-Apr
03-Apr
04-Apr
05-Apr
06-Apr
07-Apr
Tanggal SPP Panjar






Pencairan
Pencairan





Tanggal Kwitansi
Tanggal Kwitansi






SPJ PANJAR






Sisa Panjar


Penjelasan : Pencairan adalah pencairan dimana uang persediaan sudah ditangan bendahara desa untuk diberikan kepada pengelola kegiatan dalam perencanaan yang tertuang di RAB yang telah diajukan  dengan tujuan pembeyaran barang/jasa yang akan dilaksanakan.

Setelah memahami acuan waktu Pembuatan SPP Panjar sampai dengan pelaporan Sisa SPP Panjar, sekarang kita beralih ke Acuan Waktu SPP Definitif.

Untuk penggunaan SPP Definitif, ingat bahwa Definitif adalah sudah tidak dapat berubah-ubah, sehingga apapun yang sudah terbeli barang tersebut tidak dapat berubah harga serta kuantitasnya.

Pihak pelaksana kegiatan, harus bekerjasama dengan penyedia barang/jasa untuk bisa menggunakan SPP Definitif tersebut dikarenakan SPP Definitif adalah penyampaian barang ke pelaksana kegiatan setelah itu nota/kuitansi/faktur dari toko baru dibayarkan setelah penerimaan barang dengan acuan waktu selama tujuh hari sebelum tanggal SPP Definitif dibuat atau paling lambat pada hari itu juga spp definitif dan pembayaran barang tersebut dilaksanakan.

Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan tabel acuan SPP Definitif dibawah ini.

01-Apr
02-Apr
03-Apr
04-Apr
05-Apr
06-Apr
07-Apr





Tanggal SPP Definitif

Tanggal Kwitansi






Pencairan

Penjelasan : Pencairan adalah pencairan dimana uang persediaan sudah ditangan bendahara desa untuk diberikan kepada pengelola kegiatan dalam pembeyaran barang/jasa yang sudah diterima.

Pemahaman tentang alokasi waktu penggunaan SPP Panjar maupun SPP definitif sudah admin jelaskan.

Apabila pengunjung ada yang ingin disampaikan mohon memberikan komentar serta saran dan kritik untuk membangun blog ini supaya lebih maju.

Terima Kasih ^_^

0 Response to "[UPDATE] Alokasi Waktu Penggunaan SPP Definitif dan SPP Panjar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel